Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru

6 Januari 2007 at 4:58 am 49 komentar

Sorang guru yang mendidik banyak siswa dan siswi di sekolah harus memiliki kompetensi. kompentensi yang harus dimiliki diantaranya adalah :

  1. Kompetensi Pribadi
    Guru sering dianggap sebagai sosok yang memiliki kepribadian ideal. Oleh karena itu, pribadi guru sering dianggap sebagai model atau panutan (yang harus digugu dan ditiru). Sebagai seorang model guru harus memiliki kompetensi yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian (personal competencies), di antaranya: (1) kemampuan yang berhubungan dengan pengalaman ajaran agama sesuai dengan keyakinan agama yang dianutnya; (2) kemampuan untuk menghormati dan menghargai antarumat beragama; (3) kemampuan untuk berperilaku sesuai dengan norma, aturan, dan sistem nilai yang berlaku di masyarakat; (4) mengembangkan sifat-sifat terpuji sebagai seorang guru misalnya sopan santun dan tata karma dan; (5) bersikap demokratis dan terbuka terhadap pembaruan dan kritik.

  2. Kompetensi Profesional
    Kompetensi profesional adalah kompetensi atau kemampuan yang berhubungan dengan penyesuaian tugas-tugas keguruan. Kompetensi ini merupakan kompetensi yang sangat penting. Oleh sebab langsung berhubungan dengan kinerja yang ditampilkan. Oleh sebab itu, tingkat keprofesionalan seorang guru dapat dilihat dari kompetensi sebagai berikut: (1) kemampuan untuk menguasai landasan kependidikan, misalnya paham akan tujuan pendidikan yang harus dicapai baik tujuan nasional, institusional, kurikuler dan tujuan pembelajaran; (2) pemahaman dalam bidang psikologi pendidikan, misalnya paham tentang tahapan perkembangan siswa, paham tentang teori-teori belajar; (3) kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran sesuai dengan bidang studi yang diajarkannya; (4) kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi dan strategi pembelajaran; (5) kemampuan merancang dan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar; (6) kemampuan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran; (7) kemampuan dalam menyusun program pembelajaran; (8) kemampuan dalam melaksanakan unsur penunjang, misalnya administrasi sekolah, bimbingan dan penyuluhan dan; (9) kemampuan dalam melaksanakan penelitian dan berpikir ilmiah untuk meningkatkan kinerja.

  3. Kompetensi Sosial Kemasyarakatan
    Kompetensi ini berhubungan dengan kemampuan guru sebagai anggota masyarakat dan sebagai makhluk sosial, meliputi: (1) kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional; (2) kemampuan untuk mengenal dan memahami fungsi-fungsi setiap lembaga kemasyarakatan dan; (3) kemampuan untuk menjalin kerja sama baik secara individual maupun secara kelompok.

sumber Endang komara

About these ads

Entry filed under: Pendidikan. Tags: .

Kurikulum, KTSP, Studi Banding & IHT

49 Komentar Add your own

  • 1. Dedi Dwitagama  |  7 Januari 2007 pukul 1:31 am

    Mungkin ada satu lagi, yaitu kompetensi pedagogik, coba liat UU Guru dan dosen, thx

    Balas
  • 2. saifuladi  |  8 Januari 2007 pukul 5:11 am

    Thank u Pak Dedi on Yuor Comment

    Balas
  • 3. satuhati  |  28 Januari 2007 pukul 1:55 am

    assalamualaikum warahmatullohi wabaraktuh
    Maaf OOT
    Ayo kita melaksanakan Puasa di hari ke 9 dan 10 Muharom. InsyaAlloh tepatnya tanggal 28 Januari dan 29 Januari.
    Bagi yang ingin download tentang Puasa Asyura dan Tasu’a

    NB:
    Untuk Semua>> Telat, tapi semoga bermanfaat, kalau ada umur ditahun Depan

    Atau baca juga http://www.mediamuslim.info/filespecial/Muharram.pdf

    Mas Mbak kalo gak berkenan hapus aja
    wassalamualaikum warahmatullohi wabaraktuh

    Balas
  • 4. Dee  |  1 Februari 2007 pukul 3:58 am

    Wah, sulit juga ya menjadi seorang guru yang benar-benar guru. Untuk mengajarkan ilmu pengetahuan atau teknologi mungkin gampang, tetapi untuk menjadi panutan, susahnya luar biasa. Kira-kara berapa persen ya, guru yang memiliki semua kompetensi di atas?

    Balas
  • 5. adinda jelita  |  16 Februari 2007 pukul 5:05 am

    tampaknya susah juga ya jadi guru banyak syaratnya?tapi saya akan coba terus deh di dalam program akta IV yang sedang saya jalani.mohon bantuannya..makasih

    Balas
  • 6. Gardina  |  24 Maret 2007 pukul 8:13 am

    Satu kompetensi lagi yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Berdasarkan UU Guru dan Dosen, kompetensi pedagogik adalah kemampuan pembelajaran yang meliputi:
    a.memahami peserta didik;
    b.merancang dan melaksanakan pembelajaran;
    c.mengevaluasi hasil belajar;
    d.mengembangkan diri secara profesional.
    Kebetulan saya kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggis dan menyadari betul beratnya tugas seorang guru atau dosen. Semoga kelak saya mampu menjadi seorang educator yang baik.Thx U

    Balas
  • 7. JONATAN  |  29 Maret 2007 pukul 1:36 pm

    PENJELASAN TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU KURANG LENGKAP TOLONG DILENGKAPI

    Balas
  • 8. Istikharoh  |  4 April 2007 pukul 4:24 am

    Bagus tapi bila dilengkapi lagi, pada awal tulisan why kompetensi bagi guru penting. kompetensi pedagogik belum dibahas, padahal ini juga signifikan

    Balas
  • 9. MASLIHU  |  1 Mei 2007 pukul 2:48 pm

    gimana caranya dapatkan standar kompetensi yang baik ? tlg dong jelaskan

    Balas
  • 10. ahdi  |  13 Mei 2007 pukul 1:18 pm

    ngomongin kompetensi profesional, so pasti semakin tinggi jam terbang ngajarnya, dijamin semakin berkualitas. untuk guru pemula, porsi profesional tentu masih dilevel rendah. So, yang tinggi jam terbang ngajarnya mesti menjadi mentor bagi sipemula.

    Balas
  • 11. cahyanto  |  23 Juni 2007 pukul 7:52 pm

    UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
    TENTANG GURU DAN DOSEN

    BAB IV
    Pasal 20
    Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban:
    a.merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
    b.meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
    c.bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan kondisi fisik tertentu, atau latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran;
    d.menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika; dan
    e.memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa;

    Balas
  • 12. mei lita  |  22 Agustus 2007 pukul 5:38 am

    sepertinya suatu hal tidak mudah untuk mewujudkan kompetensi2 yang harus dimiliki guru dengan kodisi guru-guru yang ada dilapangan, masih banyak dijumpai guru-guru yang belum menguasai kompetensi-kompetensi yang diharapkan lebih tepatnya yang seharusnya dikuasai oleh guru. dalam penelitian skripsi saya tentang tingkat profesionalisme guru,ternyata masih terdapat guru-guru yang tidak menguasai kompetensi2 tersebut, bahkan masih terdapat guru2 yang tidak mengetahui tentang standar kompetensi guru seperti yang terdapat dalam PP No 19 tahun 2005.lalu bagaimana caranya supaya guru dapat memahami dan menerapkan kompetensi2 tersebut dalam melaksanakan profesinya???? TQ

    Balas
  • 13. nazri  |  23 September 2007 pukul 2:05 am

    Tolong diberikan angket untuk penelitian yang berkaitan dengan kompetensi guru yaitu kompetensi profesional, kompetensi pribadi, kompetensi sosial dan kompetensi pedagogik

    Balas
  • 14. Antono Putra  |  16 Oktober 2007 pukul 6:55 am

    Guru adalah :
    1. Suri Teladan Yang Baik
    2. Sesuai filisofi Ki Hajar Dewantara
    – Ing Ngarso Sung Tulodho
    – Ing Madyo mangun Karsa
    – Tut Wuri Handayani

    Balas
  • 15. Antono Putra  |  16 Oktober 2007 pukul 6:58 am

    Jangan pernah pesimis tuk bercita – cita mjd guru yang oke punya!!! Bravo Guru!!! Bayangan Umar Bakrie Orde Lama adalah mimpi buruk seorang guru. Sertifikasi adalah solusi to good Teacher andgood solution to get more ambitions and more money…..

    Balas
  • 16. Rahadian Djimanto  |  31 Oktober 2007 pukul 11:18 pm

    Mas, sumber tulisannya koq kurang jelas. Endang Komara itu siapa? Memang klo digoogle sih ketemu. Tapi bagusnya ditulis juga dong di sini. OK? Tetap semangat!

    Balas
  • 17. mila  |  18 Desember 2007 pukul 7:03 am

    think of rasional,actually teacher must be have good kompetention i agree with u’re opinion.remember always spirit ok?! ^_^

    Balas
  • 18. lisa  |  2 Januari 2008 pukul 3:26 am

    guru harus memahami kebutuhan siswa dan memahami tugas sebagai guru.Tidak membuang waktu dan sentiasa mencari srategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

    Balas
  • 19. nurhalimah  |  6 Maret 2008 pukul 5:29 am

    kompetensi guru ada 1 lagi yang kurang, yaitu kompetensi pedagogi?mohon penjelasan

    Balas
  • 20. hidayaturrahman  |  16 Oktober 2008 pukul 3:24 pm

    kalau bisa….
    saya ingin minta contoh aspek kompetensi kepribadian, sosial, profesional dan satu lagi…kompetensi pedagogik….
    tapi yang lebih lengkap n jelas ya……….
    tolong kalau jawabannya ada..kirimkanke alamat e-mail saya. rahmanhidayat@ymail.com
    terimakasih banyak.

    Balas
    • 21. Purwanti  |  16 Oktober 2012 pukul 1:09 pm

      Kompetensi guru sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Keempat kompetensi tersebut dapat dideskripsikan sebagai berikut :
      1.Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran,sekurang-kurangnya meliputi (1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, (2) pemahaman terhadap peserta didik, (3) pengembangan kurikulum/silabus, (4) perancangan pembelajaran, (5) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (6) pemanfaatan teknologi pembelajaran, (7) evaluasi proses dan hasil belajar, dan (8) pengembangan pesertadidik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
      2.Kompetensi kepribadian sekurang-kurangnya mencakup (1) berakhlak mulia, (2) arif dan bijaksana, (3) mantap, (4) berwibawa, (5) stabil, (6) dewasa, (7) jujur, (8) mampu menjaditeladan bagi peserta didik dan masyarakat, (9) secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri,dan (10) mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
      3.Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat, sekurang-kurangnya meliputi (1) berkomunikasi lisan, tulisan, dan/atau isyarat, (2) menggunakanteknologi komunikasi dan informasi secara fungsional,(3) bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orangtua/wali peserta didik, (4) bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar denganmengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku, dan (5) menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan dan semangat kebersamaan.
      4.Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai pengetahuan bidangilmu, teknologi, dan/atau seni yang sekurang-kurang meliputi penguasaan (1) materi pelajaransecara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran,dan/atau kelompok mata pelajaran yang diampunya, dan (2) konsep-konsep dan metodedisiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan yang secara konseptual menaungi ataukoheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan/atau kelompok mata pelajaran yang diampu

      Balas
  • 22. rudhi  |  2 November 2008 pukul 7:13 am

    jelek…………….

    Balas
  • 23. nurma  |  5 November 2008 pukul 3:13 am

    pak tulis lbh byk artikel ttg dunia pendidkan yg lainnya donk
    aku ini guru yg msh br, jd perlu byk input

    Balas
  • 24. Daftar Pustaka « Magsudinuny’s Weblog  |  31 Desember 2008 pukul 11:06 pm

    [...] Adi, Saiful. (2007). Kompetensi yang Harus dimiliki Seorang Guru. http://saifuladi.wordpress.com/2007/01/06/kompetensi-yang-harus dimiliki- seorang-guru/ [...]

    Balas
  • 25. arnowdad  |  22 Januari 2009 pukul 3:07 am

    Masih ada yang kurang sepertinya.

    saya rasa bukan hanya itu, tapi seorang guru juga harus bisa menanamkan nilai-nlai kebaikan. Karena tidak dapat dipungkiri kalo guru hanya bisa ngajar aja ya dia namanya pengajar, tapi kalo pendidik lain.

    Kalo ngajar identik dengan praktek (to know & to do) saja, tapi kalo pendidik adalah integral dengan memberikan pemahaman terhadap apa yang diajarkan. Pemahaman terkait dengan nilai-nilai kebaikan yang ad di sana.

    lebih dari itu kita juga harus menyentuh kepada to be, karena buat apa mngerti to know dan to be tapi tidak bisa to be…??
    So, what competence is that?

    Balas
  • 26. Romi@sek  |  11 Februari 2009 pukul 1:42 pm

    tapi……………………….

    Balas
  • 27. atis  |  3 Maret 2009 pukul 6:14 am

    ada yg kurang tuh
    kompetensi pedagogik nya kok gk ada…
    liat UU guru dan dosen lg pak./..tnk

    Balas
  • 28. atis  |  3 Maret 2009 pukul 6:17 am

    b_aqis@yahoo.com
    bls sni ja pak

    Balas
  • 29. aan kartika  |  3 Maret 2009 pukul 7:32 am

    semangat terus untuk memperjuangkan 4 kompetensi.agar kita menjadi guru yang benar-benar profesional

    Balas
  • 30. Imas sumarni  |  6 Maret 2009 pukul 11:55 am

    Setelah dibaca berulang2 cukup menarik juga…but sudah siapkah menjdi guru bg diri kita sendiri?menjdi guru adalah sebuah pengorbanan yg sangat berat..coba lah tengok disekeliling kita mash ada sahaja..guru yg menerapkan kekerasan dalam mendidik..please..

    Balas
  • 31. teguh budiono  |  12 Mei 2009 pukul 4:14 am

    assalamu’alaikum….
    maaf pak saya mau tanya
    Sebenarnya apa sajakah yang harus dimiliki oleh seorang guru agar bisa dikatakan menjadi pengajar yang profesional<, kemudian alat apakah yang menjadi tolak ukur keprosionalan seorang guru?mksh tlg blz

    Balas
  • 32. bahar.kom  |  15 Juni 2009 pukul 3:35 am

    Assalamualaikum

    Terima kasih informasi yang diupload ke web-blog anda dan ini sangat bermanfaat untuk saya

    Wassalamualaikum

    Balas
  • 33. audah  |  9 September 2009 pukul 3:42 am

    assalamu’alaikum… punteun… bapak2/ibu2/masdan mba..ada yang tahu sumber teori yang digunakan dalam rangka menentukan keempat kompetesi guru yang ada di UU guru dan dosen tidak? kalo ada yang tahu dan juga punya bukunya, mohon dibagi…. terimakasih…

    Balas
  • 34. torikin  |  8 Oktober 2009 pukul 12:17 pm

    memang jadi guru itu kerjanya tdk cuma di sekolah tapi disetiap langkah pun dia harus bekerja sesuai dengan tugssnya

    Balas
  • 35. Barik  |  16 Oktober 2009 pukul 2:54 pm

    m’f mo tanya da yang thu sumber teori yg dapat digunakan dalam membahas kompetensi profesional n pedagogik guru ga?? or da artikel yg membahas tu ga??? klo da tlong krim ke email saya
    barikfidaroin@rocketmail.com mksih

    Balas
  • 36. Kgs. M. Suhardi  |  15 November 2009 pukul 11:00 am

    Bagaimana sebenarnya membangun pendidikan yang sesuai dengan keinginan kita saat ini???????

    Balas
  • 37. enniko  |  20 November 2009 pukul 1:05 am

    penjelasan tentang kompetensi profesional dalam tulisan di atas lebih tepat jika itu penjelasan untuk kompetensi pedagogik. jadi saran saya untuk tulisan ini, profesionalnya diganti pedagogik, dan tambahkan satu poin lagi untuk kompetensi profesional.
    demikian, mari qt sama-sama terus belajar.

    Balas
  • 38. Kompetensi Guru « Saifur_IK'07' Blog  |  26 April 2010 pukul 3:27 pm

    [...] Saiful. 6 Januari 2007. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Blog pada [...]

    Balas
  • 39. ivana  |  22 Mei 2010 pukul 2:05 am

    Assalamualaikum
    Bagaimana kita mendidik anak murid kita dengan baik tanpa bersikap keras thd mereka?
    Bagaimana kita bisa mendidik anak sesuai dengan kemampuan mereka?

    Balas
  • 40. wathy  |  22 Mei 2010 pukul 4:14 am

    assalamu alaikum..
    guru merupakan seorang sosok yang di guguhi!! tapi mengapa masih ada seorang guru yang menampilkan kinerja yang justru tidak mendidk siswa???
    apalagi dengan adanya seleksi penerimaan guru yang tidak obyektif….
    apakah dengan sisitem ini dapat mencapai tujuan pendidikan nasional dan akan mencapai kompetesi guru yang telah di tentukan???
    maka dalam hal ini konsumenpun tidak akan puas dalam peleyanan pendidikan….

    Balas
    • 41. uul  |  7 Februari 2011 pukul 12:48 am

      Sistem pendidikan kita memang miris akan KKN, tapi selalu ingatlah bahwa tuhan berkata “Apakah manusia dibiarkan begitu saja tanpa diminta pertanggung jawaban”. Semoga saya salah satu guru yang bisa jadi panutan nantinya Kita semua menginginkan pendidikan di negara kita ini baik,bagus, terpandang… seperti tahun-tahun terdahulu… Cthnya : Orang malaysia belajar tempat kita, itu salah satu bukti bahwa kualitas pendidikan kita dlu bagus,baik. tapi sekarang banyak di pengaruhi oleh politik.

      Balas
  • 42. wiwin handayani  |  20 Juli 2010 pukul 3:09 pm

    aku sangat menghargai kerja keras seorang guru . . . semangat ya guru guruku . . .

    Balas
  • 43. uul  |  7 Februari 2011 pukul 12:38 am

    Jadi guru itu susah ya…..
    Butuh ilmu yang cukup serta di amalkan yang akhirnya bisa jadi panutan… syarat-syarat tersebut tidaklah berat jika kita ikhlas. ingat….. jangan mau hasil yang memuaskan tanpa memalui proses yang luarbiasa. jika proses anda baik selama perjalanan mencapai hasil… pasti pada sudah tahu semua jawaban akhirnya khan… Terimaksih atas pengetahuannya.

    Balas
  • 44. art  |  19 Maret 2011 pukul 3:24 am

    tolong kalo ada yang tahu contoh angket tentang kompetensi guru…. lagi ada tugas nih

    Balas
  • 45. shanti  |  18 Oktober 2011 pukul 1:52 pm

    tolong bantu dong , mau nyelesaiin tugas makalah tentang kompetensi pedagogis nih ..

    Balas
  • 46. Aida  |  20 Desember 2011 pukul 1:43 pm

    Trim’s,,, smoga bermanfaat, & mendapat keberkahan. Amin…..

    Balas
  • 47. indy  |  16 Januari 2012 pukul 6:11 am

    Tolong kirimi saya soal latihan tentang ke-4 kompetesi guru. Terima kasih sebelumnya

    Balas
  • 48. Dianata Anugrah  |  19 April 2012 pukul 2:16 pm

    Al-hmd…………pak, saya mau artikel tntg kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar pesdik, trim’s

    Balas
  • 49. agiel rusadi  |  26 Agustus 2012 pukul 11:37 am

    assalamualaikum..
    mau minta tolong pak, ada yang punya angket tentang kompetensi personal,profesional,pedagogik, n sosial seorang guru tidak???
    klo ada tolong kirim ke email agiel.uchiha@yahoo.com

    makasih sebelumnya

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Solusi Keuangan

Program Solusi Keuangan Dana Abadi

Pos-pos Terakhir

Blog Stats

  • 93,211 hits

Flickr Photos

Wedding Day

Stripes

shadowplay

More Photos
Januari 2007
M S S R K J S
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: