5250 Hektar Padang Pasir di Bromo

18 Januari 2007 at 3:42 am 13 komentar

Gunung bromo, merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur, jadi rasanya kita belum berwisata ke Jawa Timur jika belum mengunjungi Gunung Bromo.

Kami menyewa jeep dari Restoran Panorama di Probolinggo. Diperlukan waktu 2 jam untuk sampai di Puncak Gunung Bromo. Suhu udara sangat dingin bagi yang biasa tingggal di daerah bukan pegunungan seperti Jakarta, masing anggota kami memakai baju yang berlapis dan ditambah Jaket yang telah disiapkan sejak berangkat dari rumah masing-masing, karena udara jam 04.00 yang sangat menyengat banyak diantara kami yang menyewa jaket tebal untuk menambah satu lapis lagi jaket yang sudah ada. Pemandangan yang paling ditunggu dari gunung bromo adalah sightview ketika matahari terbit karena memang akan kelihatan jelas sekali dan sangat indah, jadi sayang sekali bila kita kesini dan tidak menyempatkan untuk melihat sunrise disini.

Selain itu, yang menarik pada gunung Bromo adalah lautan pasir yang merupakan andalan wisata dari gunung bromo. Kita dapat melihat padang pasir dan rerumputan yang luas di alam pegunungan yang sejuk. Jika kita malas untuk berjalan, kita juga dapat menyewa kuda yang dapat mengantar kita mengelilingi padang pasir tersebut.Padang pasir ini diberi nama Taman Nasional Bromo-Semeru yang merupakan satu-satunya kawasan di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian 2392 m dari permukaan laut.Apabila kita datang di waktu yang tepat, maka kita dapat menyaksikan Upacara Kesodo, yang diadakan oleh masyarakat Tengger. Upacara ini biasanya dimulai pada saat tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kesodo menurut penanggalan Jawa. Upacara Kesodo merupakan upacara untuk memohon panen yang berlimpah atau meminta tolak bala dan kesembuhan atas berbagai penyakit, yaitu dengan cara mempersembahkan sesaji dengan melemparkannya ke kawah Gunung Bromo. Saat prosesi berlangsung, masyarakat Tengger lainnya beramai-ramai menuruni tebing kawah dan sesaji yang dilemparkan ke dalam kawah, sebagai perlambang berkah dari Yang Maha Kuasa.

Adapun rute yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:
Pasuruan-Warung Dowo-Tosari-Wonokitri-Gunung Bromo menggunakan mobil dengan jarak 71 km, Malang-Tumpang-Gubuk Klakah-Jemplang-Gunung Bromo menggunakan mobil dengan jarak 53 km atau dari Malang-Purwodadi-Nongkojajar-Tosari-Wonokitri-Penanjakan sekitar 83 km

Berkeliling
Anda dapat berkeliling ke sekitar areal Taman Nasional dengan menyewa kendaraan jenis jeep 4×4. Atau, jika hanya ingin berkeliling di sekitar area lautan pasir Bromo, Anda dapat menyewa kuda yang banyak tersedia disana.


Melihat kawah bromo
Kita dapat berjalan kaki atau menyewa kuda untuk menaiki kawah bromo. Saya berjalan kaki (mengetes tenaga) untuk sampai ke bibir kawah bromo yang aktif ( dari tengah kawah keluar asap pitih dan terdengar suara gemuruh). Ketika turun saya mencoba naik kuda (euuunak naikin kuda) biasanya naikin motor.

Entry filed under: Rekreasi. Tags: .

Komputer adalah Media Belajar Anak Sempat saya Lupa password Blog ini

13 Komentar Add your own

  • 1. raffaell  |  19 Januari 2007 pukul 4:22 am

    wah, keren nih, apalagi kalau camping dan poto poto, dulu aku pernah hiking ke gunung kerinci, tp di jawa belom pernah, ga ada yang ngajak soalnya

    Balas
  • 2. Saiful Adi  |  19 Januari 2007 pukul 9:10 am

    # Mas Raffael

    Saya sendiri juga gak menyangka begitu indahnya pemandangan beberapa gunung yang dikombinasi dengan kawah aktif dan hamparan padang pasir yang luas ditambah dengan jalannya yang berliku-liku waduh luar biasa…bgt

    Balas
  • 3. kenzt  |  22 Januari 2007 pukul 10:14 am

    sekedar saran kenapa nggak coba untuk ngatur ulang postingan anda? biar lebih nyaman dibaca sama blogger lain termasuk saya.
    Saya lihat di postingan ini ada paragraf yang berulang.

    Itu hanya sekedar saran dari saya.
    Salam kenal. Selamat ngeblog…

    Balas
  • 4. saifuladi  |  23 Januari 2007 pukul 3:38 am

    Trima kasih Pak Kenzt, atas sarannya, salam kenal juga dari saya

    Balas
  • 5. cakmoki  |  26 Januari 2007 pukul 8:18 pm

    Saya jadi pingin ke sana lagi.
    Salam kenal Pak.

    Balas
  • 6. Dedi Dwitagama  |  3 Februari 2007 pukul 9:16 am

    foton mana abi …? salut deh … agak berlari rupanya …🙂

    Balas
  • 7. alumni 39  |  31 Mei 2007 pukul 10:09 am

    Bapak suka mendaki,sama kita juga sering mendaki ketika kita masih sekolah di 39,kapan2 bapak ikut mendaki bersama alumni,insa allah kita ingin mendaki gunung SELAMAT JAWA TENGAH.

    Balas
  • 8. misno  |  31 Mei 2007 pukul 2:14 pm

    gw anak Tengger…
    gw bangga jd anak tengger…
    ngadisari boyz..

    Balas
  • 9. piyo_cewe  |  20 Juni 2007 pukul 4:38 am

    bromo adalah tempat favorit saya di seluruh jawa..

    rasanya pengen banget ngajak orang2 terkaih buat kesana..saking indahnya.

    yeah, aku harap semua setuju.. hehehe. ^^

    Balas
  • 10. piyo_cewe  |  20 Juni 2007 pukul 4:39 am

    bromo adalah tempat favorit saya di seluruh jawa..

    rasanya pengen banget ngajak orang2 terkasih buat kesana..saking indahnya.

    nggak perlu lagi pergi ke tempat lain deh, meski disana baunya[maaaap] persis kentut..duuuh,belerangnya itu loh! ;D

    yeah, gitu ajah.. hehehe. ^^

    Balas
  • 11. cahyanto  |  23 Juni 2007 pukul 7:55 pm

    klo guru-guru tour anak smk39 koq ga di ajak yaaaa
    seengaknya ditawarin yahhhh klo pun bayar sendiri siapa tau ada yang mau…

    Balas
  • 12. kenz  |  29 Agustus 2007 pukul 9:39 am

    saya menemukan ada dua artikel sama persis di google, siapa penulis aslinya ya?
    http://catros.wordpress.com/2007/05/31/5250-hektar-padang-pasir-di-bromo/

    Balas
  • 13. Genx  |  26 Mei 2008 pukul 5:10 am

    Bos kl mo ke bromo naik kendaraan umum dari jakarta bagaimana rencana 2 org, track yg paling bagus dari mana

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Solusi Keuangan

Program Solusi Keuangan Dana Abadi

Pos-pos Terbaru

Blog Stats

  • 98,445 hits

Flickr Photos

Morning sunlight2

Entrapment

Ceannabeinne

Lebih Banyak Foto
Januari 2007
M S S R K J S
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d blogger menyukai ini: